Tips memilih iphone bekas

posted in: Tips | 0

Iphone adalah smartphone yang identik dengan harga mahal. Namun bagi para pecinta produk apple dengan dana yang terbatas, membeli iphone second atau bekas adalah salah satu opsi untuk meminang produk apple ini.

Disamping kelebihan iphone bekas yang memiliki harga lebih murah, kita perlu berhati – hati dalam menentukan iphone bekas yang ingin kita beli. Karena iphone bekas pun terbagi menjadi bermacam – macam jenis. Ada ex ibox, ex inter, refurbish resmi, refurbish tidak resmi, hingga iphone bypass.

Jadi bagaimana tips dalam memilih iphone bekas? Berikut admin share tips berdasarkan pengalaman pribadi admin yang udah beberapa kali beli iphone bekas alias secondhand.

1. Cek imei

Cek imei adalah hal pertama yang perlu dilakukan. Hal ini dikarenakan kebijakan imei sudah mulai berlaku dan ada sebagian iphone yang imei nya tidak terdaftar kemenperin tidak lagi mendapatkan sinyal operator, dengan kata lain simcard pada iphone sudah tidak lagi berfungsi. Untuk cek imei bisa langsung ke website kemenperin di https://imei.kemenperin.go.id/

2. Cek fisik

Setelah imei aman, silahkan lanjut ke bagian cek fisik. Cek apakah ada dent, goresan atau bahasa gaulnya beset. Kalau banyak goresan apalagi sampe ada penyok di pojokan, tandanya iphone sudah sering jatuh. Apabila mulus seperti artis drakor idamanmu silahkan lanjut untuk cek tombol power, volume, silent dan home. Untuk tombol pastikan kalau di pencet ada semacam sensasi klik nya. Karena jika tombol berfungsi namun waktu dipencet ga ada sensasi klik nya berarti tombol nya udah cacad. Untuk tombol silent juga pastikan tidak loss doll. Untuk tombol home sama, pastikan ada sensasi klik saat ditekan (seri 6S kebawah). Untuk seri iphone 7 dan 8 tombolnya udah pakai taptic engine, jadi semacam layar sentuh yang apabila ditekan akan memberikan sensasi klik, dan klik nya hanya akan bekerja apabila iphone dalam kondisi menyala. Kalau kondisi mati ya mau ditekan sekuat apapun tidak akan ada sensasi klik nya, karena kliknya sendiri adalah getaran yang dihasilkan dari iphone.

3. Cek fungsi

Setelah fisik aman, silahkan cek fungsi dari iphone yang akan kalian beli. Seperti fungsi speaker, wifi, microphone, fingerprint dll. Untuk simpelnya gunakan saja software yang biasa digunakan untuk cek fungsi smartphone. Saya biasanya menggunakan TestM. Silahkan di install dan ikuti saja prosedur pengecekan yang disediakan softwarenya.

4. Cek 3utools

Mungkin untuk iphone user pemula masih asing dengan aplikasi ini. 3utools adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk cek data dari iphone kita, seperti battery health, tahun produksi, dan part – part di dalam iphone kita. Pastikan score 3utools diatas angka 90 dan hijau semua. Karena ini menandakan bahwa iphone yang akan kita beli part – part nya masih original bawaan. FYI, saya pernah ganti baterai di iphone 6S, dan setelah cek di 3utools benar tertera bahwa baterai 6S saya telah diganti.

5. Cek jenis iphone

Langkah ke lima pastikan juga asal – usul iphone yang akan kita beli. Apakah ex internasional atau ex ibox. Ex ibox adalah iphone second yang dibeli dari distributor resmi di indonesia (iBox), sedangkan ex inter adalah iphone second yang dibeli dari luar negeri (china, amerika, dll). Untuk mengetahuinya cukup mudah, lihat saja kartu garansinya apakah ada stempel ibox. Jika tidak ada kartu garansi, silahkan kembali ke no 4, cek di 3utools atau di box nya. Jika tertera kode PA/A berarti iphone tersebut dibeli di indonesia, jika tertera LL berarti iphone itu dibeli di USA. Dan masih banyak kode untuk negara lain. Nanti akan admin bahas di postingan lain. FYI, untuk iphone second ex ibox kebanyakan harganya lebih tinggi dari iphone ex international, karena kualitas juga cukup terjamin (imei sudah pasti terdaftar kemenperin, dan kemungkinan iphone itu merupakan hasil refurbish kecil). Untuk ex international sendiri bisa berarti iphone itu bekas orang luar negeri sana yang pakai lalu dijual, bisa juga iphone refurbish (baik resmi maupun tidak resmi). Intinya kita tidak tau riwayat handphone itu karena didatangkan dari luar negeri, jadi bisa dibilang kalau beli iphone ex internasional itu high return, high risk.

6. Reset iphone

Setelah semua selesai di cek, dan sudah naksir banget sama iphone second punya orang ini, jangan lupa minta penjual buat reset ke data pabrik dan pastikan kalian melakukan langkah setting awal hingga login icloud, untuk menghindari iphone tersebut hasil bypass atau lock icloud. Yang dimaksud Bypass atau lock icloud itu, iphone yang kalian beli hasil nemu atau mbegal, yang mana penjual tidak tau password iphone dan icloud yang terpasang, sehingga iphone harus di bypass (bahasa gaulnya di hack) agar kita bisa menggunakan iphone tersebut. Dan biasanya iphone hasil bypass itu haram hukumnya untuk di reset ke settingan pabrik maupun update IOS.

7. Cek accessories

Langkah terakhir bisa dibilang penting – penting enggak. Cek accessories seperti kepala charger, kabel data dan headset. Sebagian besar iphone ex inter accessories nya tidak resmi, bahasa halusnya OEM, bahasa kasarnya KW. Untuk ex ibox kalau kita beruntung bisa dapat accessories ori, kalau nggak hoki ya sama aja dapat acc KW. Cara bedainnya admin kurang paham, tapi kalau headset masih bisa di cek lewat kualitas suaranya, kalau jernih, bass nendang, yaudah kemungkinan besar original headsetnya. Untuk charger dan kabel data, biasanya kalau dapat yang KW jelek, ketika di charge baterai iphone akan lama terisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *